Manfaat Membiasakan Minum Teh Sore Hari

Minum Teh Sore Hari

Teh merupakan jenis minuman yang paling populer dan banyak digemari di seluruh dunia. Secangkir teh hangat ampuh untuk memperbaiki mood, terutama aroma kuat yang semakin meningkatkan khasiatnya. Tapi, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk minum teh?

Minum teh sore hari atau afternoon tea memang bukan kebiasaan orang Indonesia, tapi berasal dari para bangsawan Inggris untuk menikmati waktu istirahat sore yang diisi dengan mengonsumsi minuman teh dan camilan ringan sembari menunggu waktu makan malam. Tradisi afternoon tea bisa memberikan banyak manfaat yang berbeda. Berikut ulasannya lengkapnya:

5 Manfaat Membiasakan Minum Teh Sore Hari

 

1. Kadar gula darah dalam tubuh terjaga dan terhindar dari makan berlebihan saat makan malam
Afternoon tea bermanfaat karena membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih terjaga. Minum teh dan camilan saat sore membuat jeda waktu antara makan siang dengan makan malam tidak terlalu lama.

Manfaat lain yang diperoleh dari afternoon tea adalah nafsu makan juga lebih terkendali, karena tubuh tidak terlalu lapar saat makan malam sehingga porsi makan malam bisa lebih di atur.

2. Kandungan antioksidan dalam teh dapat diserap tubuh lebih maksimal
Kandungan antioksidan pada teh dapat merusak zat gizi lain, atau bahkan tidak terserap sempurna karena berdekatan dengan konsumsi makanan lain. Afternoon tea lebih baik ketimbang mengonsumsi teh di pagi hari atau di sekitar waktu makan.

Menyediakan waktu khusus untuk minum teh di sore hari akan membuat antioksidan terserap secara maksimal karena metabolisme tubuh bisa fokus dengan optimal.

3. Memberi rasa tenang dari stress
Afternoon tea bisa menjadi mood booster ketika kita sedang lelah karena aktivitas sehari penuh, juga bisa menenangkan seseorang akibat stres.

Teh punya efek kandungan Theanine yang berupa asam amino utama dalam daun teh hijau yang menciptakan rasa teh yang khas. Kandungan ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke otak untuk bilang ‘oh, I feel good’ dan sebagainya.

4. Menetralisir lemak dalam tubuh
Meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun tradisi afternoon tea diyakini membuat teh yang dikonsumsi dapat menetralisasi kadar lemak dalam darah, setelah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak di pagi dan siang hari.

Minum teh sore hari dipercaya dapat melancarkan buang air seni, menghambat diare, dan sederet kegunaan lainnya.

5. Menjadi simbol sosialisasi
Sudah sejak lama tradisi afternoon tea menjadi tradisi turun-temurun di Inggris. Ternyata budaya afternoon tea menjadi trend karena bisa menjadi ajang saling bersosialisasi.

Selain menyajikan minuman teh, tradisi afternoon tea ini juga bisa dilakukan sambil menikmati kue-kue kecil dan melakukan aktivitas bersama keluarga seperti menonton acara favorit dan berbagai permainan yang digemari.

Sambil minum teh, kita memanfaatkan waktu untuk bersosialisasi, pertemuan bisnis atau sekadar jeda. Karenanya minum teh sore sungguh bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *